Minggu, 22 Juni 2014

Tips Meningkatkan Usaha

Usaha memerlukan fokus kita untuk menjalankannya. Berbagi tugas dengan pasangan seperti saat ini Anda masih sebagai karyawan di perusahaan lain adalah tepat. Istri Anda menjalankan usaha toko susu tersebut adalah untuk membantu usaha Anda berjalan, tetapi disaat usaha masih 2 tahun ini, perlu fokus dan menjalankannya dengan penuh waktu dari istri Anda.

Dan memang perlu strategi dan perencanaan yang baik agar usaha retail toko susu Anda berjalan sesuai harapan. Apalagi di tengah persaingan yang ketat untuk penjualan susu dan tumbuhnya minimarket modern di lingkungan sekitar.

Berikut ini beberapa tips yang dapat saya berikan:




  • Luangkanlah waktu untuk berdiskusi dengan istri Anda, untuk membuat perencanaan menjalankan usaha Anda dengan berbagi waktu dan peran.
  • Lakukan beberapa rencana marketing untuk mempromosikan dan memperkenalkan toko Anda di lingkungan sekitar yang lebih luas lagi.
  • Gunakanlah aplikasi komputer untuk mengontrol stok dan sistem penjualan serta tools teknologi informasi lainnya sehingga Anda dapat lebih mudah memonitor kondisi usaha Anda dan karyawan Anda.
  • Berikan nilai tambah lain dalam menjual susu, berikan promosi khusus sehingga menarik para pelanggan Anda sehingga Anda tidak terjebak di perang harga. Misalnya saja : berikan gratis souvenir atau pun barang lainnya apabila pelanggan membeli 2 kaleng susu. Atau memberikan diskon khusus untuk produk susu tertentu dengan waktu yang terbatas. Dan ide promosi marketing lainnya.
  • Adakan kartu membership untuk para pelanggan, dengan kartu membership tersebut Anda akan dapat membangun database pelanggan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan personal. Misalnya Anda dapat mengirimkan SMS/email/brosur kepada pelanggan jika ada promosi khusus untuk member, Anda juga dapat mengirimkan ucapan selamat ulang tahun dan ucapan lainnya sehingga terbangun komunikasi yang baik dengan pelanggan dan pelanggan dapat memberikan loyalitasnya kepada toko Anda. Dengan adanya kartu member, Anda juga bisa mengetahui kebutuhan rutin pelanggan Anda.
  • Sebarkan brosur terkait promosi/iklan toko Anda di sekeliling Anda, komunitas, tetangga dan lainnya. Buatlah brosur yang menarik dan membuat pelanggan mendatangi atau menghubungi toko Anda saat itu juga.
  • Berikan layanan antar untuk pembelian di toko Anda untuk radius tertentu, sehingga pelanggan akan loyal kepada toko Anda dengan adanya benefit tersebut.
  • Selain susu, tambahkanlah produk lainnya yang berhubungan dengan produk susu, misalnya perlengkapan bayi dan anak, pamper/diaper, snack untuk bayi dan lain-lainnya, sehingga pelanggan akan terpenuhi kebutuhannya dan akan menambah omzet toko Anda.
  • Carilah supplier atau sumber pembelian susu yang dapat memberikan harga yang baik sehingga dapat meningkatkan margin keuntungan Anda. Bangunlah kerjasama yang saling menguntungkan dengan supplier Anda tersebut.
  • Teruslah belajar untuk membangun usaha Anda, dengan membaca buku-buku, artikel di internet, mengikuti seminar/forum diskusi, bergabung dengan komunitas/grup usaha dan lain-lain sehingga Anda akan mendapatkan banyak masukan.

Demikian tips yang bisa saya berikan, selamat dan sukses untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar