Rabu, 11 Juni 2014

Mengelolah Keuangan Cerdas

Penghasilan sebesar apa pun tidak akan pernah cukup jika Anda tidak bisa mengelola keuangan secara pintar. Untuk dapat mengatur arus masuk dan keluar uang, banyak yang meminta pertolongan penasihat keuangan pribadi. Jika Anda tidak mempunyai cukup dana untuk melakukan hal yang sama, berikut beberapa cara yang layak dicoba.
Ketahui nilai sesungguhnya uang Anda
Untuk bisa cerdas mengatur uang, hal pertama yang harus Anda sadar adalah nilai sesungguhnya uang Anda. Ketahuilah bahwa uang tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui kerja keras yang butuh waktu dan energi. Jika tidak mampu menghargai uang dan mengukur kemampuan diri, Anda akan terjebak dalam suatu kondisi  di mana uang Anda hanya cukup untuk membayar tagihan.
Belajar dari kegagalan dan kesuksesan orang lain
Anda tidak harus mengikuti nasihat orang lain, yang Anda butuhkan hanya belajar menjadi pewawancara handal dan pendengar yang baik. Tanyakanlah pada orang-orang bagaimana pendapat mereka tentang kepemilikan materi, utang, pekerjaan dan hubungan pribadi. Dengar dan bandingkan pola-pola pengambilan keputusan keuangan mereka. Jika melakukannya dengan benar, Anda akan mendapatkan pelajaran keuangan berharga yang tidak diberikan saat kuliah.
Rahasia menjadi sukses dan bahagia
Percuma jika Anda sukses memiliki banyak uang tapi tidak sukses dalam hidup, dengan kata lain tidak bahagia. Keseimbangan adalah kunci untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan. Dalam mengejar kekayaan, Anda tidak boleh melupakan kehidupan pribadi Anda. Satu lagi, bersyukurlah dengan apa yang dimiliki sekarang dan lakukan yang terbaik, niscaya Anda akan merasa lebih kaya dari siapapun.
Kebutuhan dan keinginan, dua hal yang sepenuhnya berbeda
Jika Anda bisa memisahkan mana yang benar-benar Anda butuhkan dan mana yang sekedar keinginan, maka Anda tidak jauh dari kesuksesan mengelola uang dan hidup. Sebisa mungkin dahului kebutuhan dibandingkan keinginan.

Menahan pengaruh teman
Salah satu halangan terbesar mencapai tujuan keuangan dan personal Anda adalah tekanan teman. Sangatlah alamiah jika Anda menginginkan perangkat elektronik terbaru atau pakaian bagus yang baru saja dibelinya. Coba kendalikan hasrat ini, maka Anda akan terbebas dari jerat utang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar