Rabu, 25 Juni 2014

Mengenai Kayu SonoKeling

Mengapa Sonokeling Disebut Juga Kayu Mewah?

Ada beberapa jenis kayu yang dapat digolongkan sebagai kayu mewah,  salah satunya adalah kayu sonokeling yang merupakan jenis kayu tropis yang berserat indah. Kayu ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam produk olahan kayu seperti mebel, lemari, meja, kursi, pintu, kusen, dipan, lantai kayu, alat-alat musik, barang-barang ukiran dan aneka barang berkualitas tinggi yang lainnya.
Nah sekarang apakah alasannya sonokeling disebut atau tergolong kedalam kayu mewah? Hal tersebut dikarenakan kayu sonokeling ini memiliki tekstur yang sangat halus dan juga memiliki nilai dekoratif yang sangat baik. Selain itu kayu sonokeling juga termasuk kedalam golongan kayu yang awet dan kuat terhadap serangan rayap maupun jamur pembusuk yang lainnya meskipun tanpa diberi bahan pengawet terlebih dahulu. Pori-pori kayunya yang keras dan rapat menjadikan kayu sonokeling tidak mudah lapuk dan lunak.
Kayu sonokeling pun menjadi komoditas primadona di pasar perdagangan kayu. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perusahaan pembuat venir mewah yang memanfaatkan kayu sonokeling ini sebagai pelapis permukaan kayu yang mahal.
Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan kayu sonokeling ini membuat persediaan pohon sonokeling pun menjadi berkurang, hal tersebut dikarenakan masa tumbuh dari pohon sonokeling memerlukan waktu yang cukup lama hingga puluhan tahun. Pada saat ini mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan kayu sonokeling yang berdiameter lebih dari 35cm, jikalau ada pasti harganya pun akan sangat mahal. Semakin tua umur pohon sonokeling maka diameter batangnya pun akan semakin besar. Dan semakin besar diameter batang maka harganya pun akan semakin mahal.
Itulah alasan mengapa kayu sonokeling termasuk dalam golongan kayu mewah, ya karena kualitasnya yang memang bagus dan semakin banyaknya kebutuhan akan kayu ini sehingga semakin sulit untuk bisa mendapatkan kayu sonokeling ini. Semoga bermanfaat.

Keunggulan dan Kekurangan Kayu Sonokeling

Berbicara masalah kayu, terutama sebagai bahan untuk membuat furniture, mebel maupun barang-barang berkualitas lainnya yang terbuat dari bahan kayu mungkin akan sedikit membuat anda merasa kebingungan. Karena memang dari  sekian banyak jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat barang-barang seperti tersebut diatas, jenis kayu manakah yang memiliki kualitas paling baik? Setiap jenis kayu pastilah memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai keunggulan dan kekurangan dari salah satu jenis kayu yang ada, yaitu kayu sonokeling.
Kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu keras yang indah dan mewah. Kayu sonokeling ini banyak dimanfaatkan untuk membuat barang-barang yang berkualitas tinggi karena memang kayu ini memiliki kualitas yang baik. Namun demikian, kayu sonokeling ini juga memiliki beberapa kekurangan, apa saja keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh kayu sonokeling ini?
kayu sonokeling fingerboard guitar grade abc 50cm (2)

Keunggulan Kayu Sonokeling

  • Serat dan tekstur yang terdapat pada kayu sonokeling memiliki nilai keindahan dan nilai dekoratif sehingga menjadikan barang-barang yang terbuat dari kayu ini terlihat lebih mewah dan menarik.
  • Kayu teras sonokeling sangat awet dan tahan terhadap rayap dan jamur pembusuk kayu yang lainnya.
  • Kayu sonokeling memiliki warna yang cukup unik yaitu berwarna hitam keungu-unguan tanpa harus anda beri pewarna.
  • Kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang dikenal indah dan juga kuat, namun demikian harganya lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati. Jadi kayu sonokeling ini akan sangat cocok bagi anda yang menginginkan kualitas kayu yang baik tetapi harganya jauh lebih murah.

Kekurangan Kayu Sonokeling

  • Pada bagian kayu teras sonokeling memang awet dan tahan terhadap serangan rayap dan juga jamur pembusuk kayu, namun tidak untuk bagian gubalnya (bagian tepi atau pinggir kayu). Pada bagian gubal kayu sonokeling sangatlah rentan terhadap rayap maupun jamur pembusuk lainnya, selain itu apabila ditempatkan pada tempat yang lembab, kayu gubal ini akan mudah mengeropos.
  • Kayu sonokeling memiliki warna hitam keungu-unguan secara natural, sehingga bagi anda yang suka dengan warna-warna yang terang tidak akan cocok dengan kayu ini karena kayu ini tidak bisa difinishing dengan warna-warna muda.
Itulah beberapa diantaranya keunggulan dan kekurangan dari kayu sonokeling. Anda sudah tidak ragu lagi bukan jika anda akan memilih barang-barang furniture maupun barang lain yang terbuat dari kayu sonokeling ini? Semoga dapat memberikan manfaat kepada anda

Sifat-Sifat Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling termasuk dalam kategori kayu keras yang indah. Kayu sonokeling ini memiliki tekstur yang cukup halus dengan arah serat yang lurus tetapi terkadang juga berombak. Berwarna coklat lembayung gelap pada kayu terasnya, dan memiliki coreng-coreng coklat yang sangat gelap dan bahkan berwarna hitam. Sedangkan pada kayu gubal, warnanya putih hingga kekuning-kuningan.
sonokeling wood lumber (2)
Untuk bobot kayu sonokeling bisa termasuk dalam kategori bobot sedang hingga bobot berat. Pada kadar air sekitar 15%, kayu sonokeling memiliki berat jenis antara 0,77 – 0,86. Untuk tebal kayu gubal bisa berkisar antara 3-5 cm.
Kayu sonokeling selain awet juga tahan terhadap rayap kayu kering dan juga jamur pembusuk kayu. Jika anda mengerjakan kayu sonokeling dengan tangan akan terasa agak sukar, akan lebih mudah untuk anda kerjakan dengan menggunakan mesin. Kayu sonokeling ini juga dapat anda serut, dikupas, diiris, dibubut, disekrup dan juga dipelitur sehingga akan memberikan hasil yang baik. Akan tetapi sayangnya kayu sonokeling ini tidak mudah untuk diberikan bahan pengawet.

Sonokeling adalah

Pernahkah anda mendengar istilah sonokeling? Ya, sonokeling merupakan salah satu nama pohon yang menghasilkan kayu yang keras dan juga indah. Pohon sonokeling atau yang biasa disebut juga dengan pohon sanakeling ini merupakan anggota dari famili Fabaceae. Di daerah Indonesia, pohon sonokeling ini dapat anda jumpai di hutan-hutan Jawa Timur dan Jawa Tengah yang memiliki ketinggian dibawah 600m, tanah tidak subur dan berbatu-batu.

Sudah pernahkah anda melihat pohon sonokeling? Jika belum, berikut ini ada beberapa ciri yang terdapat pada pohon sonokeling yang semoga dengan ciri-ciri yang kami jelaskan anda pun dapat mengenali pohon sonokeling. Ciri-ciri tersebut adalah :
1. Pohon sonokeling memiliki ukuran tinggi antara 20-40 m.
2. Memiliki pegagan yang berwarna abu-abu kecoklatan, membujur halus dan agak sedikit pecah-pecah.
3. Memiliki bentuk daun majemuk menyirip gasal yang berbentuk tumpul lebar serta berwarna hijau di sisi atasnya, sedangkan daun sisi bawah berwarna keabu-abuan.
4. Memiliki bunga-bunga kecil dengan ukuran panjang antara 0,5-1 cm dan terkumpul didalam malai di ketiak.
5. Memiliki buah berbentuk polong panjang serta runcing di bagian pangkal dan ujungnya, berwarna coklat dan berisi antara 1-4 butir biji tiap buahnya.
pohon sonokeling
Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu sonokeling dan bagaimana ciri-ciri dari pohon sonokeling. Semoga artikel tersebut diatas dapat menambah kekayaan pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Mengapa Kayu Sonokeling Makin Tua Makin Berharga?

Kayu sonokeling dihasilkan dari pohon sonokeling atau yang sering juga disebut dengan pohon sanakeling. Pohon ini merupakan jenis tanaman hutan yang sangat baik untuk penghijauan, selain itu kayu sonokeling tergolong dalam kayu keras dan indah seperti pohon jati, maka tak heran jika harga kayu ini pun juga cukup mahal. Semakin tua umur kayu pohon sonokeling maka harganya pun akan semakin mahal, mengapa bisa demikian?

Seperti telah diungkapkan diatas bahwa kayu sonokeling merupakan jenis kayu yang keras dan indah seperti kayu jati. Kayu sonokeling banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam perlengkapan rumah seperti untuk pelapis lantai kayu dan untuk furniture.
kayu sonokeling gudang gawok
Untuk hasil kualitas kayu sonokeling yang maksimal dibutuhkan usia pohon yang ideal sekitar 20 tahun. Namun semakin tua usia kayu sonokeling maka kualitas kayunya pun juga semakin bagus, dan soal harga jangan lagi ditanya, pastinya akan lebih mahal juga. Dengan usia kayu yang lebih tua, maka serat kayu pun juga akan semakin lebih keras dan bertekstur lebih halus, sehingga akan semakin kuat dan semakin tahan terhadap serangan rayap dan jamur pembusuk kayu yang lainnya.
Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan kayu sonokeling ini, maka persediaan kayu pun juga semakin langka. Untuk bisa mendapatkan hasil kayu dengan kualitas maksimal dibutuhkan waktu yang sangat lama hingga 20an tahun padahal kebutuhan akan kayu semakin mendesak. Untuk memenuhi kebutuhan akan kayu sonokeling saat ini, usia pohon sonokeling yang masih muda sekitar 5 tahun pun sudah bisa digunakan. Itulah sebabnya mengapa kayu sonokeling semakin tua akan semakin berharga karena harganya yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan usia kayu yang masih muda. Semoga bermanfaat.
Kami membutuhkan kayu sonokeling dari seluruh Indonesia.
Berminat menjadi supplier kayu sonokeling kami?
Hubungi:
Email Perusahaan : anugerahwood@yahoo.com
Alamat Kantor : Jalan Pondok, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah
Telepon Kantor & FAX : (0271) 626199
Direktur ( Agus ) 0813-2936-7099
Marketing ( David ) 0858-5441-4888
Marketing ( Aldy ) 0812-2777-1991

Apa Saja Pemanfaatan Kayu Sonokeling?

Hal paling utama yang bisa dimanfaatkan dari pohon sonokeling adalah kayunya, karena kayunya merupakan salah satu jenis kayu keras yang memiliki nilai yang indah dan dekoratif. Selain bagian kayunya yang dimanfaatkan, ada beberapa bagian lain yang bisa dimanfaatkan dari pohon sonokeling ini, yaitu bagian daun dan perakarannya. Daun pohon sonokeling dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk hijau, sedangkan bagian perakarannya yang dapat mengikat nitrogen dapat meningkatkan kesuburan tanah. Lalu apa saja yang bisa kita manfaatkan dari kayu sonokeling ini? Simak artikel berikut..
Banyak sekali jenis barang yang dapat dibuat dari kayu sonokeling ini, misalnya saja untuk membuat mebel, furniture, almari dan berbagai macam perabotan rumah yang lainnya. Selain itu kayu sonokeling juga sering dimanfaatkan untuk membuat alat-alat musik, alat olahraga, barang ukiran dan pahatan, barang bubutan, tongkat jalan dan beberapa barang lainnya.
Karena sifat kayu sonokeling yang awet dan kuat, kayu sonokeling ini pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk konstruksi seperti pintu, jendela, kusen, dan gerbong kereta api. Alat-alat pertanian seperti bajak, palu, gagang kapak, garu, dan mesin giling gilas juga dapat dibuat dari bahan kayu sonokeling ini. Selain itu bagian venir dari kayu sonokeling yang memiliki nilai dekoratif dapat dijadikan sebagai pelapis permukaan kayu yang memiliki nilai jual yang mahal.
Begitu banyak bukan barang-barang yang bisa anda buat dari kayu sonokeling? Itulah beberapa pemanfaatan yang bisa anda dapatkan dari kayu sonokeling. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar