Rabu, 11 Juni 2014

Bukan Banyaknya Jumlah Kenalan Tetapi Orang Yg Tepat

Sebuah bisnis akan berkembang pesat jika si entrepreneur mampu membangun jejaring bisnis yang kuat dan solid. Kita banyak menemui entrepreneur yang bermodal terbatas tetapi di kemudian hari mampu membesarkan usahanya dengan akselerasi yang mengagumkan dengan menggunakan jejaring bisnisnya yang luas.
Tetapi apakah mengenal lebih banyak orang selalu lebih baik saat Anda harus membangun koneksi bisnis? Menurut pengalaman saya, tidaklah selalu demikian halnya.
Seorang entrepreneur tidak harus berkenalan dengan sebanyak mungkin orang. Ia hanya perlu mengenal dan menjalin komunikasi dengan orang-orang yang tepat dan sesuai dengan visi dan misinya dalam berbisnis.
Inilah yang belum disadari banyak entrepreneur. Mereka berlomba menemui banyak orang di berbagai acara tetapi pulang dengan tangan hampa saat ditanya mengenai dampak positifnya pada bisnis yang dirintis.
Bagi saya, berjejaring bukan hanya karena kita membutuhkan konsumen, mau menjual produk atau jasa, atau karena membutuhkan mitra bisnis demi tercapainya sebuah proyek.
Yang Anda perlukan hanya sekelompok orang yang tepat, kenalan yang berkualitas. Hal ini akan Anda pahami secara bertahap saat berinteraksi dengan banyak orang dan entrepreneur lain.
Yang terpenting dalam membuat koneksi bisnis ialah bagaimana membangun rasa saling percaya dan komitmen terhadap kemitraan yang saling menguntungkan. Dan caranya adalah dengan membuat mereka mengenal kita lebih dalam dan sebaliknya.
Jadi sekali lagi, bukan soal jumlah orang yang Anda kenal, tetapi bagaimana menemukan dan membina
komunikasi dengan orang-orang yang tepat bagi bisnis Anda dan Anda sendiri sebagai entrepreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar