Selasa, 08 Desember 2015

PERBEDAAN DISC VCD & DVD

Mayoritas kita tentu mengetahui barang yang bernama DVD bukan? Mulai dari mendengarkan musik, menonton video atau berbagai berkas elektronik untuk disimpan di cakram tersebut.
Tapi ternyata, setiap DVD itu tak satu jenis. Bisa dilihat dari nama-namanya yang bukannya tanpa arti. Ada DVD + R, DVD + RW, DVD-R, DVD-RW. Wah bedanya apa?
Ini dia definisinya agar kita mengerti mana yang akan kita beli atau gunakan, dan mengapa harga DVD tersebut relatif berbeda.
Memahami perbedaannya sebenarnya gampang. Kita pahami dulu arti huruf-huruf yang ada. R artinya Read dan W artinya Write. Ingat kan?
Kemudian, memahami arti Minus (-) dan Plus (+). Disini mungkin rada lucu jawabannya tapi benar adanya. Minus berarti produk DVD yang tidak distandardkan. Artinya DVD ini diproduksi oleh perusahaan yang tidak masuk dalam konsorsium standard DVD. Layer yang dimiliki cakram ini satu lapis.
Standard DVD-R atau DVD-RW dikembangkan oleh Pioneer dan digunakan terutama oleh Apple dan Pioneer serta beberapa produsen DVD atau CD lain. Sedangkan DVD+R, DVD+RW, CD+R, CD+RW merupakan standard yang didukung oleh Pabrikan Philips, Dell, Sony, HP dan Microsoft.

Ada pula istilah DL. Alias Double Layer. Format standard ini memiliki lebih dari satu layer (lapisan) sehingga memiliki performa lebih baik dan kapasitas penyimpanan lebih besar. Misalnya CD+RW DL artinya bisa ditulisi berulang-ulang dan Double Layer yang artinya punya kapasitas dobel. Biasanya hanya 4,7 GB untuk DL menjadi 8,5 GB. Lumayan kan?
Dari sisi harga, kualitas menentukan harga. Untuk kualitas, mungkin yang berciri + akan lebih durable dibanding – yang lebih rentan rusak. Juga lebih baik, apalagi DL dengan kapasitas lebih besar. Tentu dari sisi harga lebih mahal.

Nah, sekarang kita gabung.
DVD dan CD R (diluar plus or minusnya) cakram ini hanya dapat ditulis satu kali. Readable saja. Jadi ketika kamu meng-copy file ke DVD jenis ini, tidak dapat dihapus lagi.
Sedangkan DVD dan CD RW (diluar plus dan minusnya) cakram ini dapat ditulis beberapa kali. Writeable. Sehingga file yang kamu copy bisa dihapus dan ditulis ulang. Namun ingat, ada juga batas penulisannya beberapa kali. Ini bisa dilihat di permukaan cakram tersebut, biasanya ada infonya.
DVD dapat menyimpan 4,7 GB data, bahkan beberapa produsen sudah bisa memberikan “lebih” dengan format DL. Sedangkan CD hanya bisa menyimpan sekitar 700 MB data. Kepanjangan CD adalah Compact Disc sedangkan DVD adalah Digital Versatile/Video Disc yang merupakan teknologi lanjutan dari VCD (Video Compact Disc) dan SVCD (Super VCD). Paling gambang membedakannya sih dari sisi kapasitas. Juga kualitas gambar. Player pun berbeda-beda. Sehingga kalau membeli perangkat pemutar seperti DVD Player or Mini Hifi pastikan cakram apa saja yang bisa di-play ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar