Selasa, 27 Mei 2014

Kategori Harga Bibit JUN

Harga Bibit Jati Dari Jenis Jati Unggul Nusantara

bibit jatiBila selama ini Anda mengenal tanaman komoditas jati hanya bisa Anda panen pada saat usia tanaman mencapai belasan hingga puluhan tahun, kini hadir tanaman Jati Unggul Nusantara yang berani menjanjikan panen hanya dalam waktu 5 tahun. Dengan usia demikian pendek, harga bibit jati jenis ini tetap terjangkau dan tidak jauh berbeda dari bibit jati jenis lain.
Jati unggul nusantara ini adalah hasil riset dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) dari Departemen Kehutanan. Dengan mengawinkan beberapa jenis jati dari kawasan tropis, riset ini menghasilkan jati dengan kualitas yang mendekati kualitas jati berusia puluhan tahun meski hanya Anda panen pada usia 5 tahun. Pada usia 5 tahun pohon jati unggul nusantara ini sudah berukuran diameter sekitar 20 cm.
Bicara soal harga, bibit jati unggul nusantara ini berada pada kisaran Rp 4 ribu hingga Rp 30 ribu. Harga bibit jati ini memang masih bervariasi di pasaran karena masing-masing daerah memiliki potensi pasar yang beragam dan kondisi pasar masing-masing.
Pada kawasan yang sudah aktif membudidayakan jati unggul nusantara, jati unggul nusantara ini mulai memiliki pasar yang baik. Ini menyebabkan harga bibit jati cukup tinggi. Tingginya permintaan kayu jati terutama untuk ekspor membuat pelaku usaha pertanian jati bekerja ekstra untuk memenuhi permintaan. Dengan berproduksi cukup dengan 5 tahun saja memungkinkan produsen lebih cepat dalam memenuhi permintaan pasar.
Tingginya minat inilah memicu harga bibit jati unggul nusantara. Tapi harga bibit jati di kawasan luar daerah budidaya memang berbeda. Karena tujuan utamanya masih pada tahap perkenalan. Jadi perlu harga bibit jati yang lebih rendah untuk memikat petani. Pasalnya masih banyak petani yang tidak yakin akan kualitas dari kayu jati unggul nusantara ini.
Karena faktor perbedaan daerah, di pasaran harga bibit jati sendiri terbagi dalam 3 kelompok yakni :
  1. Jenis tunas muda. Ukuran bibit hanya sekitar 5 -10 cm. Akar tunggang sudah muncul tapi daun baru sekitar 3 lembar berukuran panjang tidak lebih dari ½ cm. Baik akar maupun batang bibit masih lunak dan lemah. Biasanya usia sekitar 3 -4 bulan. Jenis ini tidak bisa Anda tanam langsung pada lahan terbuka, karena akar belum terlalu kuat. Anda perlu merawatnya dulu dalam polybag hingga setidaknya berukuran 20 cm untuk Anda tanam pada lahan terbuka dengan tegakan ajir penahan. Harga bibit jati ini sekitar Rp 4 ribu.
  2. Jenis sosisan. Pada jenis ini, bibit jati sudah berukuran sekitar 10 – 40 cm. Jenis ini sudah memiliki akar tunggang yang mengeras dan daun muda sekitar 5 – 8 lembar dengan ukuran sekitar 10 cm. Pada usia ini batang bibit sudah mulai mengandung kambium sehingga sudah mulai mengeras dan kokoh. Usia dari bibit ini 5 bulanan dan siap untuk langsung Anda tanam pada lahan terbuka dengan tegakan ajir sebagai penahan. Harga bibit jati dari jenis ini mencapai Rp 15 ribu.
  3. Jenis batangan. Jenis batangan memang termasuk jenis bibit yang langka. Pasalnya tidak banyak supplier bibit tanaman keras yang bersedia merawat bibit hingga berukuran besar seperti ini. Ukuran bibit jati mencapai 1m dengan diameter mencapai 2 – 3 cm. Daun sudah mulai tumbuh lebat dengan akar tunggang yang sangat kokoh. Pada jenis bibit ini Anda bisa menemukan karakter khas dari tanaman jati seperti daun berbulu kesat dan batang bergalur coklat. Anda bisa langsung menanam bibit jati ini pada lahan terbuka dengan resiko gagal lebih kecil karena memiliki daya tahan dan daya adaptasi yang lebih baik. Bicara soal harga bibit jati dari jenis ini mencapai angka Rp 25 ribu – 30 ribu per batangnya.
bibit jatiSecara umum, harga bibit jati dari jenis unggul nusantara ini memang di atas jenis jati lain seperti jati emas dan jati solomon. Dikarenakan jenis jati unggulan ini tetap perlu waktu belasan tahun untuk panen. Tapi soal kualitas, konon banyak yang meyakini para pedagang bahkan sulit membedakan mana jati unggul nusantara dengan jati jenis lain.
Ini karena dari sisi galur kayu, kayu jati unggul nusantara tidak ubahnya dengan kayu jati lainnya termasuk kayu jati tua. Tapi bila Anda bandingkan kekerasan kayu dari jati unggul solomon dengan jati tua berusia diatas 30 tahun tentu tetap berbeda.
Dan bila kita bicara dari sisi ekonomis, tentu saja Anda harus sedikit lebih besar mengeluarkan biaya pembelian bibit jati unggul nusantara. Harga bibit jati unggul nusantara ini tetap saja menguntungkan karena Anda tetap bisa menjual dengan harga bibit jati yang sama tingginya dengan jati jenis lain yang perlu usia belasan tahun untuk panen. Jadi potensi ekonomisnya tetap tinggi bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar