Isuzu Panther Legenda Mobil keluarga Indonesia
ikadian |
27 March, 2013 |
Mobil |
Isuzu Panther adalah salah satu mobil keluarga berjenis
Multi Purpose Vehicle (MPV)
yang bermesin diesel. Yang cukup populuer di Indonesia pada tahun 90an
hingga awal 2000an, dan bersaing ketat dengan mobil sejuta umat yakni
Toyota Kijang.
Salah satu kelebihan dari Isuzu Panther ini adalah mesinnya yang
handal, kuat buat nanjak serat irit bahan bakar karena sudah
mengaplikasi teknologi bahan bakar injeksi. Dan untuk itu jargaon Isuzu
yang Rajanya Diesel tidak hanya isapan jempol belaka, karena background
Isuzu sendiri adalah produsen mesin diesel untuk truk, kapal, dan
peralatan berat lainnya. Isuzu juga memproduksi mesin diesel utnuk
produsen mobil lainnya, seperti Holden dan Chevrolet.
Kelebihan lain dari
Isuzu Panther ini adalah mampu
mengangkut banyak penumpang dan barang, untuk kapasitas penumpang saja
mampu diisi 9 orang termasuk supir, jadi cukup cocok dengan karakter
orang Indonesia yang suka bepergian bareng keluarganya. Dan mobil
Panther ini didesain cocok dengan iklim dan tipografi Indonesia sehingga
mobil ini cukup mampu bertahan hingga sekarang.
Diproduksi pertama kali pada tahun 1991,
Isuzu panther
sudah memiliki 4 generasi hingga sekarang. Tak heran Isuzu Panther
masih mendapat tempat dihati para penggemarnya. Generasi Isuzu Panther
pertama tahun 1991 hingga 1996, generasi kedua tahun 1996-2000, generasi
ketiga tahun 2000-2005, dan generasi keempat 2005-sekarang. Berikut
penjelasan tiap generasinya
Generasi Isuzu Panther pertama

Ini
adalah generasi awal dari Isuzu Panther yang hadir di Indonesia dengan
kode produksi TBR-52, diproduksi tahun 1991 hingga 1996. Memiliki mesin
berkode c223 berkapasitas mesin 2238 cc OHV dengan teknologi indirect
injection
. Mampu menghasilkan tenaga hingga 58 dk pada putaran
mesin 4500 Rpm. Ada 4 tipe dari Panther generari pertama yakni tipe Hi
Grade (tipe tertinggi saat itu), Royale, Total Assy (Deluxe), dan
Standart (tipe terendah).
Generasi Isuzu Panther Kedua

Pada
generasi ini, terjadi penyempurnaan dari generasi sebelumnya yakni
peningkatan tenaga mesin dari peubahan bodi yang lebih dinamis, dengan
kode produksi TBR-54. Panther generasi kedua ini mempunyai kapasitas
mesin 2500 cc OHV dengan
direct Injection.
Mesin berkode 4ja1 ini mempunyai tenaga jauh yang lebih meningkat dari
panther sebelumnya yakni 86 dk pada putaran mesin 3900rpm. Ada lebih
banyak tipe dari generasi panther kedua ini yakni tipe Standar (tipe
terendah), Deluxe (1996-1998), Royal (1996-1998), Grand Royal
(1996-1997), New Royal (1997-2001), Hi sporty (1996-2000), Hi-grade
(1996-1997), dan New Hi-grade ( 1997-2001) yang merupakan tipe
tertinggi.
Pada generasi kedua ini merupakan generasi keemasan dari Isuzu
Panther, Karena mempunyai keunggulan dibanding rivalnya. Dan banyak yang
mengatakan bahwa generasi kedua ini adalah produksi terbaik dari Isuzu
Panther. Jadi tidak heran banyak yang masih mencarinya hingga kini, da
hargajualnya pun cukup tinggi untuk mobil keluaran tahun 90an akhir.
Generasi Isuzu Panther Ketiga

Generasi
ini diperkenalkan sebelum generasi kedua dihentikan produksinya sekitar
tahun 2000. Untuk mesin sebenarnya tidak terlalu ada perubahan dari
Panther generasi kedua karena Isuzu masih mengakui kehandalan dari mesin
generasi kedua yang berkode 4ja1 2500 cc OHV direct Injection. Hanya
saja terjadi perubahan bodi yang cukup signifikan, jika generasi
sebelumnya Isuzu panther masih berbentuk agak kotak, maka pada generasi
ketiga ini bentuk kotak tersebut sedikit dihilangkan, jadi berkesan
lebih dinamis dan modern. Namun masih tetap mempunyai ciri khas Isuzu
Panther pada lampu depannya.
Untuk tipe dari generasi ketiga ini meliputi SM (smart short), LM
(smart long), SV, LV, SS, LS, Touring, dan Grand Touring. Urutan tersbut
dari tipe terendah hingga tipe tertinggi.
Sayangnya mulai generasi ketiga ini kedigdayaan Isuzu Panther mulai
tergerus. Karena hadirnya jenis mobil MPV lain yang lebih kecil dan
modern, serta berharga murah. Kala itu pertama kalinya hadir duet maut
Avanza-Xenia yang berharga murah, sehingga tidak perlu waktu lama kedua
mobil tersebut merajai segmen MPV. Disamping itu mesin diesel kala itu
mulai ditinggalkan karena tidak ramah lingkungan dan berasap hitam. Dan
banyak konsumen yang mengeluhkan panther generasi ketiga ini ringkih
tidak sekuat generasi kedua.
Generasi Isuzu Panther Keempat

Tak
ingin beranjak dari pasar MPV Isuzu panther terus melakukan perubahan
agar tetap mendapat tempat dimasyarakat Indonesia. Lahirlah generasi
keempat Isuzu Panther yang merupakan facelift dari generasi ketiga pada
tahun 2005. Untuk mesin masih menggunakan dengan generasi sebelumnya,
hanya saja untuk beberapa tipe menggunakan mesin baru diberi turbo agar
lebih ramah lingkungan dan sesuai dengan standart EURO.
Desain lampu denpan, beserta grill mengalam sedikit perombakan dan
berkesan lebih macho dan modern. Selain itu interiornya juga mengalami
perubahan yang cukup signifikan. Berikut tipe Isuzu panther dari
generasi keempat mulai dari tipe terendah Smart FF, Smart, LV FF, LV, LS
Turbo, Touring, dan Grand Touring.
Dan kabar yang beredar, saat ini Isuzu sedang menggodok pengganti
Isuzu Panther ini. Dan dari bocoran yang ada Isuzu berencana memboyong
Isuzu MU-7,
tetapi masih belum ada keterangan resmi dari Pihak Isuzu mengenai hal
ini. Kita tunggu saja kabar selanjutnya agar panther mendapat penerus
yang lebih legendaries.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar