Saat ini bisnis ritel merupakan salah satu peluang usaha yang patut
dilirik. Tentunya, untuk mencapai kesuksesan Anda harus memiliki
beberapa persiapan untuk menghadapi persaingan yang ketat.
Perencanaan
dalam membuka bisnis ritel memerlukan fokus pada aspek-aspek seperti
lokasi dan pemilihan produk. Ketika merencanakan bisnis ritel, Anda
perlu panduan untuk memastikan bahwa Anda mencakup semua elemen yang
diperlukan untuk membuat toko Anda sukses.
Berikut beberapa elemen untuk menunjang bisnis retail Anda sukses:
Tentukan target pasarMenetapkan
target pasar Anda dalam tahap awal perencanaan bisnis ritel Anda akan
membantu Anda membuat rencana yang lebih komprehensif. Lihatlah pasar
ritel dan tentukan demografis bisnis Anda. Teliti area di mana Anda
ingin memulai lokasi ritel Anda dan pastikan ada cukup memiliki
representasi target pasar Anda di daerah itu. Jika daerah tersebut tidak
memiliki target pasar yang Anda kehendaki, mengubah target pasar atau
pindah ke lokasi yang memiliki demografis yang tepat menjadi pilihan
terbaik.
Pemilihan produkMemilih produk
memerlukan pemahaman yang komprehensif tentang target pasar Anda. Jika
Anda telah memutuskan untuk menjual pakaian untuk target pasar menengah
atas, Anda perlu menentukan merek dan gaya yang menarik bagi pasar
tersebut. Anda dapat melakukan riset pasar Anda dengan mewawancarai
calon pelanggan. Anda juga perlu menghubungi produsen produk untuk
menentukan apakah Anda dapat membeli produk langsung atau harus melalui
distributor.
Penentuan banyaknya stafBagian
dari perencanaan anggaran memulai bisnis ritel ialah menentukan berapa
banyak staf ketika membuka toko Anda. Sebuah toko ritel setidaknya
memerlukan staf untuk layanan pelanggan, pencegahan kehilangan, serta
kasir.
Anggaran
Anda harus membuat rencana
anggaran awal untuk setidaknya tiga bulan pertama bisnis Anda berjalan.
Setelah tiga bulan, Anda harus merencanakan untuk memulai
langkah-langkah bisnis selanjutnya.
Soft opening
Soft opening
ialah ketika Anda membuka toko Anda tanpa pemasaran atau periklanan.
Ini membantu Anda untuk memperkirakan pengeluaran dan pendapatan Anda.
Lakukan soft opening selama 30 hari untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan toko Anda sebelum grand opening.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar