Sebuah
bisnis akan berkembang pesat jika si entrepreneur mampu membangun
jejaring bisnis yang kuat dan solid. Kita banyak menemui entrepreneur
yang bermodal terbatas tetapi di kemudian hari mampu membesarkan
usahanya dengan akselerasi yang mengagumkan dengan menggunakan jejaring
bisnisnya yang luas.
Tetapi apakah mengenal lebih banyak orang selalu lebih baik saat Anda
harus membangun koneksi bisnis? Menurut pengalaman saya, tidaklah
selalu demikian halnya.
Seorang entrepreneur tidak harus berkenalan dengan sebanyak mungkin
orang. Ia hanya perlu mengenal dan menjalin komunikasi dengan
orang-orang yang tepat dan sesuai dengan visi dan misinya dalam
berbisnis.
Inilah yang belum disadari banyak entrepreneur. Mereka berlomba
menemui banyak orang di berbagai acara tetapi pulang dengan tangan hampa
saat ditanya mengenai dampak positifnya pada bisnis yang dirintis.
Bagi saya, berjejaring bukan hanya karena kita membutuhkan konsumen,
mau menjual produk atau jasa, atau karena membutuhkan mitra bisnis demi
tercapainya sebuah proyek.
Yang Anda perlukan hanya sekelompok orang yang tepat, kenalan yang
berkualitas. Hal ini akan Anda pahami secara bertahap saat berinteraksi
dengan banyak orang dan entrepreneur lain.
Yang terpenting dalam membuat koneksi bisnis ialah bagaimana
membangun rasa saling percaya dan komitmen terhadap kemitraan yang
saling menguntungkan. Dan caranya adalah dengan membuat mereka mengenal
kita lebih dalam dan sebaliknya.
Jadi sekali lagi, bukan soal jumlah orang yang Anda kenal, tetapi bagaimana menemukan dan membina
komunikasi dengan orang-orang yang tepat bagi bisnis Anda dan Anda sendiri sebagai entrepreneur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar